Kamis, 19 Maret 2015

Kenali 4 Dasar Marketing Online Ini, Sudah Menerapkannya?

Dasar-Marketing-Online

Seperti kita ketahui bahwa saat ini banyak sekali jenis bisnis yang ada di penjuru dunia. Ada bisnis yang mampu berkembang pesat hingga menjadi sebuah bisnis besar namun ada juga yang layu sebelum berkembang. Namun yang paling banyak dan sering terjadi adalah bisnis mengalami stagnan, alias jalan di tempat.

Begitu pula yang terjadi di #bisnis online. Untuk dapat mengembangkan dan memajukan sebuah bisnis online diperlukan strategi marketing online yang baik dan terarah agar bisnis tersebut tidak layu sebelum berkembang ataupun stagnan.

Sebelum menjalankan strategi marketing online yang rumit dan menyita banyak waktu, ada baiknya kita mempelajari dulu dasar dan standar marketing online untuk bisnis kita. Berikut ini 4 dasar marketing online sederhana yang akan membantu mengembangkan bisnis online Anda.

Artikel lain: Memahami Pentingnya Social Object Dalam Marketing Digital

1. Produk Berkualitas Membuat Pemasaran Sukses


Apakah Anda menangkap tujuan dari tips yang pertama ini? Saya akan menganalogikannya. Banyak sekali bisnis online saat ini seperti menjual kucing dalam karung, memakai iklan banyak dan besar di berbagai bentuk pemasaran online namun menjual produk yang abal-abal.

Jangan pernah lakukan hal ini, memang mungkin akan menaikkan trafik penjualan dalam waktu singakat, namun hal itu tak akan bertahan lama. Para pelanggan Anda akan segera mengetahui jika produk yang ia beli tak sesuai dengan iklan. Mereka akan segera menyebarkan berita mengenai keburukan bisnis Anda lebih cepat dari yang Anda bayangkan.

Bukankah pelanggan adalah segalanya bagi penjual? Karena itu jangan pernah lakukan strategi marketing yang buruk ini. Apapun jenis bisnis online Anda, pastikan produk atau jasa yang dijual adalah sesuatu yang berkualitas.

Artikel lain: Ini Contoh Produk Online yang Bakal Dicari Sepanjang Masa

2. Memahami 2 Faktor Penting Dalam SEO (Relevansi dan Otoritas)


Jika Anda mencoba menjalankan bisnis secara online, maka mau tidak mau Anda harus belajar mengenai Search Engine Optimization (SEO). Google sendiri mengunakan berbagai macam faktor dan indikator untuk menempatkan suatu situs pada halaman pertama Search Engine mereka. Ini adalah bentuk kredibilitas mereka sebagai mesin pencari yang menawarkan jawaban terbaik dari hasil pencarian.

Sebagai bahan dasar marketing online menggunakan SEO, cobalah belajar memahami metode optimasi seperti pengoptimalan konten dengan memberikan tag pada judul, meta deskripsi, pencocokan kontem dengan judul, internal link dan eksternal link, dan sebagainya. Poin penting dari pengoptimalan SEO ini adalah Anda harus mencoba mencari kata kunci (keyword) yang banyak di cari olah para pengguna yang berhubungan dengan bisnis Anda.

Artikel lain: 3 Elemen Utama Dalam SEO Sebuah Website

3. Desain Web Yang Baik


Desain web selain menarik pelanggan untuk betah berlama-lama berada di situs Anda, ia juga bisa mempengaruhi rangking website Anda di layanan perangking website seperti Alexa.com. Banyak pebisnis online dan pemilik website yang meremehkan peranan desain sebuah web, padahal menurut survei, desain web mempengaruhi seseorang untuk mengunjungi situs Anda untuk kedua kalinya atau tidak.

Banyak web memiliki desain yang berantakan dan menyulitkan pelanggan. Hal ini akan mengurangi daya pikat website tersebut yang akan berimbas pada penurunan jumlah pengunjung yang kembali (returning visitor).

Saya mencontohkan, dua situs berita memiliki berita dengan konten dan bobot yang hampir sama akan tetapi keduanya berbeda pada tampilan website. Website A memilih menggunakan latar putih tanpa warna dengan indeks berita tercecer. Sedangkan website B mencoba menggunakan website yang didesain dengan beberapa warna dan kanal berita.

Website mana yang akan lebih banyak dikunjungi returning visitor jika mereka berada di urutan pertama dan kedua mesin pencari Google? Saya yakin Anda tahu jawabannya, tentu saja website B karena desain website yang menarik sangat berpengaruh pada kenyamanan pengunjung dan membuat mereka kembali lagi.

Baca juga: Cara Membuat Website / Blog WordPress Self Hosted

4. Konten Website Yang Berkualitas


Konten website adalah inti dari pemasaran online. Konten berkualitas yang jumlahnya banyak dan disajikan dengan menarik akan mampu mengikat lebih banyak pelanggan dan segala sesuatu di dunia pemasaran digital. Itulah mengapa konten website disebut “raja”.

Bila telah memiliki banyak konten berkualitas di website Anda tentang topik tertentu, Anda bisa mendapatkan hampir semua yang Anda butuhkan dalam pemasaran online. Jangan pernah mengisi website Anda dengan konten bajakan, karena hal itu hanya akan menghancurkan reputasi bisnis Anda sendiri.
sumber : https://www.maxmanroe.com

2 komentar:

  1. dapat ilmu baru nih soal marketing online, thanks gan

    BalasHapus
  2. Dalam pemasaran yang terpenting adalah bagaimana kita mampu mengelola produk-produk yang ada untuk kita promosikan melalui sosial media yang ada

    BalasHapus

KERJADIRMAHAJA.COM - BISNIS HEBAT BIKIN HAPPY!

KERJADIRMAHAJA.COM - BISNIS HEBAT BIKIN HAPPY!