Senin, 06 April 2015

Tugas Seorang Digital Marketing

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang apa saja pekerjaan umum yang biasa dikerjakan oleh Digital Marketing. Posting ini dikhususkan untuk menjawab salah satu pembaca blog ini yang bernama Citra, makasih Citra sudah bertanya sehingga saya ada bahan untuk menulis artikel.

Email Citra

Klik Gambar untuk Memperbesar

 

Sesuai judul, saya akan membahas tugas – tugas seorang digital marketing yang pernah saya lakoni. Adapun tugas umum seorang digital marketing adalah :

1. Membuat perencanaan merketing plan online


Untuk membuat perencanaan marketing plan online Anda harus mengerti internet untuk menjadi seorang digital marketing. Selain itu Anda juga WAJIBmengikuti segala perkembangan tren teknologi yang ada. Buatlah di kertas selembar tentang sketsa bagaimana caranya memasarkan produk perusahaan dengan menggunakan media online. Contohnya masukan teknik SEO, Promosi lewat sosial media, meningkatkan visibiltas produk di forum – forum, dan yang terakhir membangun Brand Awareness. Ini sebagian kecil dari banyaknya cara melakukan pemasaran online. Untuk lebihnya saya akan bahas pada kesempatan lain atau saya buatkan eBook.

 

2. Membuat Konten Website


Pernah dengar tentang istilah seperti ini “Content is The King” ?? Jika sudah, pernyataan tersebut memang benar. Salah satu skill yang wajib dimiliki oleh seorang Digital Marketing adalah mampu membuat artikel untuk mengisi konten website. Artikel di sini merupakan strategi untuk Soft Selling. Apa itu Soft Selling? Soft Selling adalah menjual secara halus. Jadi saat Anda membuat artikel sebisa mungkin konten haruslah menarik, bermanfaat, relevan dengan bisnis perusahaan, dan yang terakhir adalah menjual secara halus di akhir artikel.

Soft Selling adalah bagian tersulit, karena dari suatu Artikel yang relevan dan bermanfaat untuk pembaca haruslah dikaitkan dengan kata-kata yang menjual. Mengkaitkan di sini berarti Anda tidak mengusik para pembaca. Untuk contoh, saya pernah bekerja di perusahaan yang bergerak dalam bidang telekomunikasi. Dan tahukah Anda apa artikel yang saya buat di sana? Artikelnya tentang Iron Man :) . Iron Man 3 saat itu sedang booming, so sebisa mungkin artikel yang saya buat fresh, menarik tapi harus berhubungan dengan bisnis perusahaan dan tentunya unsur Soft Selling harus ada di sana. Bisa Anda bayangkan, apa yang terjadi saat orang sedang asyik membaca info tentang Iron Man tapi di akhir malah ada embel-embel produk perusahaan? Mereka akan risih bukan? (*Semoga Anda paham maksud saya) ;)

Itulah salah tantangan yang akan Anda hadapi saat menjadi digital marketing.

3. Promosi via Sosial Media


Apa Anda sudah cukup paham dengan Facebook, Twitter, Kaskus, dll? Jika jawaban Anda adalah IYA, maka selamat :) Anda akan lebih mudah menjadi seorang digital marketing. Selain membuat Perencanaan marketing online, dan membuat konten website, tentunya Anda harus mempromosikan produk perusahaan menggunakan sosial media yang ada. Untuk standard-nya sih Facebook dan Twitter cukup. Tapi kalau Anda ingin Profesional, cobalah sosial media lainnya seperti Plurk, Instagram, Linkedin, dan sebagainya.

Tujuan dari promosi ini adalah memperkenalkan perusahaan sekaligus produknya kepada pengguna internet, sekaligus meningkatkan visibilitas brand perusahaan tersebut. This is very easy and Fun :)



Oke, itulah ke-3 hal yang WAJIB Anda harus bisa untuk menjadi seorang Digital Marketing. Saya ulangi sekali lagi This is very easy and Fun :)

sumber : askiam.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KERJADIRMAHAJA.COM - BISNIS HEBAT BIKIN HAPPY!

KERJADIRMAHAJA.COM - BISNIS HEBAT BIKIN HAPPY!